Tips Sehat Ramadhan

 

Ini dia 8 menu penting makanan sehat bulan puasa Menu Makanan Sehat Selama Puasa – Bulan suci Ramadhan memang bulan yang sangat dinanti oleh seluruh umat muslim, dibulan suci ini seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Dalam berpuasa kita tentunya harus menjaga kondisi tubuh kita agar bisa melaksanakannya dengan sempurna tanpa ada kendala apapun seperti sakit dan lain-lain.

 

 

 

 

 

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, salah satunya faktor asupan gizi yang kita konsumsi dimulai pada saat sahur dan buka puasa. Baiklah berikut ini beberapa makanan sehat yang baik pada saat kita akan menjalankan puasa, silahkan disimak.

 

Menu Makanan Sehat Selama Puasa

Beras merah


Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. dengan mengkonsumsi nasi merah maka akan membuat kita kenyang lebih lama dan juga mengontrol kadar gula. Selain itu nasi merah baik dikonsumsi untuk buka puasa maupun pada saat sahur. Namun bagi anda yang baru ingin memulai makan beras merah bisa di campur dengan nasi putih 1 : 1

 

Hindari makanan yang tidak mengandung nutrisi.


Selama kita menjalankan puasa, alangkah lebih baiknya jika kita menghindari makanan putih, seperti gula pasir, roti tawar, dan nasi putih. Karena bahan panganan tersebut tidak mengandung nutrisi yang mencukupi bagi kebutuhan tubuh. Bila kita ingin memakan roti atau nasi, pilihlah roti gandum serta nasi merah yang memiliki serat tinggi. Namun kembali lagi jika anda merasa kesulitan untuk memakan beras merah sebaiknya di kombinasikan.

 

Sayuran berdaun hijau


Tubuh kita membutuhkan suplai vitamin dan juga serat tentunya semua itu bisa kita dapatkan pada sayuran berdaun hijau. Sayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Tips sederhana dalam memasak sayuran lebih baik kita tumis sayuran tersebut atau di sayur akan tetapi jangan sampai layu dalam pengolahannya karena akan banyak kandungan vitamin yang hilang.

 

Pilih makanan yang mengandung banyak air.


Selama menjalankan puasa tentunya tubuh akan lebih mudah kekurangan air untuk mengembalikan stok cairan dalam tubuh, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Misalnya semangka, labu, pir, jus sayuran, atau air kelapa.

 

Jauhi makanan berminyak


Nah makanan yang satu ini yang mungkin sering kita konsumsi, alangkah lebih baik jika kita menjauhi makanan yang digoreng apalagi sampai minyaknya masih pada nempel. salah satu makanan yang berminyak Ayam goreng, kentang goreng, bahkan tempe goreng dan bakwan begitu menggoda kala berbuka puasa. Namun ternyata, panganan yang diolah dalam penggorengan dan minyak tidaklah bagus dikonsumsi ketika iftar. Sebab, kandungan minyak yang ada di dalamnya membuat makanan ini sulit dicerna oleh tubuh. “Ada baiknya menyantap makanan pembuka yang dipanggang, bukan digoreng.”

 

Konsumsi buah-buahan


Buah-buahan segar bagus bagi tubuh kita dan dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengkonsumsi makanan lain, alangkah lebih baik jika kita mengkonsumsi buah-buahan meskipun sedikit pada saat kita berbuka puasa. Karena vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar.

 

Kacang-Kacangan


Pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan kita mengkonsumsi sayuran dan kacang-kacangan. Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Kita bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa.

 

Kurangi makanan mengandung karbohidrat tinggi.


Jika kita mengkonsumsi karbohidrat tinggi seperti kentang goreng, nasi putih beserta lauk karena makanan seperti itulah yang harus dijauhi karena setelah dicerna karbohidrat akan berubah menjadi gula, dan dalam tubuh gula akan menyedot energi kita. alangkah lebih baik kita kurangi jangan terlalu berlebihan.

 

Menjaga tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa tentunya sangat diperlukan agar pada pelaksanaannya bisa memperoleh hasil yang sempurna. Jangan terlalu berlebihan pada saat kita berbuka puasa usahakan minum terlebih dahulu dan bisa dibarengi dengan memakan buah kurma, jika sekiranya sudah cukup baru kita makan tentunya jangan sampai tergesa-gesa makanlah secara perlahan dan tidak berlebihan.

Menjaga kesehatan selama berpuasa itu tidak masalah, apalagi di konsultasikan dahulu oleh dokter anda apa yang harus anda makan selama berpuasa, jangan sampai malah sakit dan membatalkan puasa karena salah makan ..

Semoga informasi yang saya berikan bisa berguna juga bermanfaat bagi sobat semua dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Selamat menjalankan ibadah puasa. FULL sampai Idul Fitri yaaaaa..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s